Alasan Kesehatan, Doku Umarov Mundur Dari Amir Emirat Kaukasus

Moskow (Voa-Islam.com) - ismaku.blogspot.com-Pemimpin pejuang Islam Chechnya Doku Umarov telah mengundurkan diri dan menunjuk Aslambek Vadalov sebagai penggantinya dalam memerangi pemerintah pusat di Moskow, di wilayah Chechnya, Kaukasus Utara, menurut laman Internet gerilyawan, Ahad.


Amerika Serikat telah mendaftar Umarov -- gerilyawan yang paling dicari Rusia -- sebagai teroris, tindakan yang mungkin telah menyenangkan Kremlin dan membantu "menentukan kembali" hubungan dengan Gedung Putih setelah hubungan yang dingin dengan pemerintah Washington sebelumnya, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Umarov telah menyatakan bertanggung jawab atas serangan-serangan dalam beberapa bulan belakangan ini, termasuk pemboman pada 29 Maret di metro Moskow, yang menewaskan sedikitnya 40 orang dan melukai 100 orang lebih.

..Amir Emirat Kaukasus Dokku Abu Usman (Doku Umarov) secara remsi telah mengumumkan pengaunduran dirinya dari jabatan Amir Emirat Kaukasus karena alasan kesehatan, dan telah menunjuk penggantinya, Amir Aslambek (Aslambek Vadalov) untuk jabatan ini..

"Amir Emirat Kaukasus Dokku Abu Usman (Doku Umarov) secara remsi telah mengumumkan pengaunduran dirinya dari jabatan Amir Emirat Kaukasus karena alasan kesehatan, dan telah menunjuk penggantinya, Amir Aslambek (Aslambek Vadalov) untuk jabatan ini," kelompok pejuang Islam Chechnya mengumumkan di laman Internet tidak resmi tersebut.

"Dokku Abu Usman menyatakan bahwa jihad sebaiknya dipimpin oleh komandan yang lebih muda dan lebih energetik serta menekankan bahwa setelah pengunduran dirinya ... ia akan terus melakukan jihad dan akan berbuat semampunya untuk membantu pemimpin baru itu."

Para pejabat di Moskow dan ibukota Chechnya, Grozny, tidak dapat dihubungi dengan segera untuk dimintai komentar.

Rusia sedang memerangi perlawanan Islam baru di wilayahnya di selatan yang sebagian besar penduduknya Muslim.

..Ini (pengunduran diri) tidak berarti saya melepaskan jihad," kata Umarov, yang berjanggut dan memakai kopiah nasional, mengatakan dalam pidato radio yang disiarkan di laman Internat yang sama. "Saya akan melakukan apapun semampu saya dengan kata-kata dan perbuatan..

Sementara Pejuang Islam melakukan serangan hampir setiap hari terhadap warga sipil dan polisi setempat yang menjadi kaki tangan Rusia, serangan terhadap pabrik hidroelektrik di republik Kabardino-Balkaria di Kaukasus Utara bulan lalu dapat menandai perubahan dalam taktik mereka -- membuat berhasil janji mereka yang dibuat lama lalu untuk menyerang sasaran ekonomi Rusia.

"Ini (pengunduran diri) tidak berarti saya melepaskan jihad," kata Umarov, yang berjanggut dan memakai kopiah nasional, mengatakan dalam pidato radio yang disiarkan di laman Internat yang sama. "Saya akan melakukan apapun semampu saya dengan kata-kata dan perbuatan," ia menambahkan. Tampak dalam video itu ia duduk dengan santai di sebuah hutan di samping penggantinya dan para komandan pejuang Islam Chechnya lainnya.

Pengganti Umarov adalah warga asli Chechnya yang telah berperang melawan tentara federal yang dikirim oleh Moskow sejak 1994.

Menurut laman Internet itu, pada 2007 ia adalah salah satu pemimpin gerilyawan Chechnya pertama yang mendukung Umarov dan berjanji setia padanya. (antara)