Kapal Yahudi Eropa Akan Tembus Blokade Gaza

Berlin – Infopalestina - ismaku.blogspot.com: Sekelompok aktivis Yahudi Jerman siap ke atas kapal yang membawa bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza akhir bulan Juli ini. Sebagai inisiatif yang bertujuan untuk menembus dan menghilangkan blokade yang diberlakukan penjajah Zionis terhadap Jalur Gaza secara ketat sejak tahun 2006.

Rencananya kapal ini berangkat dari pantai Libanon, membawa para wakil Yahudi dan yang selamat dalam holocaust dari sepuluh negara Eropa dan dari Amerika, ditambah wakil parlemen Jerman, para aktivis Palestina di Jerman, dan para wartawan sejumlah media massa besar Jerman, Eropa dan dunia.

Kepada aljazeera, wakil kelompok ini mengatakan bahwa kapal yang akan dibawah menembus blokade Jalur Gaza kapal kecil, hanya membawa sedikit bantual simbolik berupa tas-tas, buku-buku sekolah, maian dan pakaian anak-anak, motor penggerak perahu nelayan dan jala. Sebagian besar bantuan didapat dari sumbangan sejumlah sekolah di Jerman.

“Tujuan dari inisiatif ini adalah mengalihkan pandangan para politikus Jerman kepada penderitaan yang diakibatkan oleh pendudukan di Jalur Gaza dan mengungkapkan penolakan yang tumbuh di kalangan Yahudi dunia terhadap kejahatan Israel dan kebijakan tidak manusiawi terhadap orang-orang Palestina,” ungkapnya.

Ditambahkan, “Pengiriman kapal ini juga bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada orang-orang Palestina di Jalur Gaza, yang intinya bahwa di sana ada Yahudi yang datang kepada kalian dengan bantuan kemanusiaan dan bukan dengan bom dan kehancuran.”

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan Israel akan menghalangi kapal ini tiba di Jalur Gaza melalui perairan internasional. Untuk itu pihaknya memint perlindungan dan pengawasan internsional terhadap kapal ini untuk menjamin bisa sampai ke pantai Jalur Gaza. (asw)