Merubah blogspot menjadi dot com/net/dot web dot id


Pertama-tama mau bahas dulu apa sih URL?
URL merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator, yaitu suatu alamat yang unik yang menunjukkan rute ke sebuah file pada situs. URL diketikkan pada browser untuk mengakses suatu situs


Kalo kita punya blog gratisan misalnya, di Url blog kita akan teridentifikasi kalo blog tersebut berhosting di blogger.com, multiply.com, wordpress.com dll. Kita bisa memperoleh url blog tersebut dengan gratis, mudah, dan bisa kita operasikan secara personal karena kita diberi hak untuk mengelolanya sendiri, dengan username dan password. Meskipun begitu, kita tetap dibatasi dengan aturan-aturan yang sudah ditentukan, dan ada kemungkinan blog kita di -block, apabila kita tidak mengindahkan aturan-aturan yang berlaku...ya...namanya juga gratisan, nurut dong, daripada blog-nya di block...hehehe.

Sekarang ini perkembangannya, blog gratisan berkembang jadi blog bisnis, tempat untuk mendisplay dagangan, pintu gerbang untuk transaksi online...dan banyak sekali berjasa bagi ibu-ibu yang mendambakan kerja di rumah, mengelola bisnis sendiri, tanpa harus banyak-banyak keluar rumah. Waduh...blog-blog gratisan ini membantuuuu...banget, secara tidak harus mengeluarkan dana gede buat bikin website gitu lho...tapi teteup bisa make money...banyak banget yang penghasilannya jutaan perbulan dari sesuatu yang gratis kayak gini...ayoo...ayoo...cari duit lewat blog.coy.. ;-)

Nah...biar kesannya nggak gratisan banget...bagusnya si url itu diganti...,lumayan lho,buat mendekin namanya, selain jadi pendek, gampang diinget,keren pula kita bias dapat fulus tentunya..insya Allah...amiiin..


Caranya gimana sih??

kalo kita udah punya blog di blogger, multiply, wordpress, dll...kan udah ada urlnya tuh..contohnya blog ini, http://ismaku.blogspot.com/ biar lebih singkat dan mudah diinget,kalau mau di ganti dot.com/dot net dll , harganya Rp. 82.500,-
tapi kalo web.id bisa lebih murah lagi 25 - 35 ribu bahkan bisa gratis klo kita nyewa hosting di tapi kalo lagi promosi.kenapa ya banyak omong padahal yang nulis URL nya tetep blogspot coz aku lagi buat web jadi yang ini khusus buat blog..kalau ganti nama malez promosi lagi coyy.kalo mau beli domain di bawah ini aja di jamin murah kok
www.Rumahweb.com
www.Idebagus.com
www.aditif.net
khusus yang berakhiran id cari aja di pandi .or.id pasti lebih murah
kalo pas lagi ada promo...wuih bisa cuma 60rb-an. Harga segitu itu kita bayarkan untuk 1 tahun pemakaian domain. Domain bisa dot com (.com), dot net (.net), dot info (.info) tergantung isi dari blog kita itu cocoknya yang mana..


setelah kita beli domain yang kita mau,kita perlu beli forwarding url-nya,gunanya untuk mem-forward atau mengarahkan domain yang kita beli tadi ke url blog kita, jadi istilahnya, forwarding urltd jadi penunjuk jalan,kalo ada orang ngetik domain baru kita di browser, dia mengarahkan orang tersebut ke blog kita, jadi nggak nyasar...hehehe..Harga forwarding url di Rp.15.000,-/tahun. Jadi dengan kurang dari 100rb pr tahun kita udah bisa ganti nama...ganti alamat, jadi lebih keren dan gampang diinget.Jelas kan yaa???


Tapiiii...kalo mau lebih murah lagi, ada cara ke-2...

Pertama, tetep harus beli domain ya...contohnya yang http://www.blambangan.web.id / itu lho.., terus, yang punya blog di blogger.com, ada cara forwarding domain ke blog secara gratis, Kedua, masuk ke blogger.com ---> pengaturan ---> ada tulisan 'domain custom' warna merah...klik aja..nanti bakal keluar 'terbitkan pada domain kustom',nah...di kiri bawah ada tulisan 'anda sudah memiliki domain?' dst...klik di beralih ke pengaturan lanjut, (kalo belum punya domain,mampir di http://www.rumahweb.com/ ...)(www.idebagus.com selanjutnya ikuti aja petunjuknya...di blogger help ada petunjuklengkap mengenai ini...kayaknya dibaca aja ya, lebih jelas daripada aku yang nulis...hehehe...linknya ini nih...Bagaimana cara menggunakan domain kustom pada blog saya? kalo perlu dibantu dalam prosesnya,minta tolong aja sama CS tempat kita beli domain, kalo di rumah web dan ide bagus, bisa kok minta tolong sama Cleaning service nya... ;-)
Naah kan lebih murah...