Patung Raksasa Rhodes

Patung Raksasa Rhodes merupakan sebuah patung besar yang melambangkan tuhan Yunani purba Helios yang terletak di Rhodes, iaitu sebuah pulau Yunani. Patung ini didirikan oleh Chares dari Lindos antara 292 dan 280 SM dan merupakan salah satu daripada Tujuh Keajaiban Dunia zaman purba. Patung Raksasa Rhodes berdiri setinggi 30 meter dan diperbuat daripada gangsa. Namun, selepas 56 tahun dibina, patung ini musnah akibat gempa bumi pada 226 SM. Lokasi Di pintu masuk pelabuhan pulau Mediterania Rhodes di Yunani. Sejarah Sepanjang sebagian besar sejarahnya, Yunani kuno itu terdiri dari negara-kota yang memiliki kekuasaan terbatas di luar batas mereka. Di pulau kecil Rhodes tiga ini: Ialysos, Kamiros, dan Lindos. Pada tahun 408 SM, kota-kota bersatu untuk membentuk satu wilayah, dengan modal bersatu, Rhodes. Kota ini berkembang secara komersial dan memiliki hubungan ekonomi yang kuat dengan sekutu utama mereka, Ptolemy I Soter dari Mesir. Pada tahun 305 SM, Antigonids Makedonia yang juga saingan Ptolemies, mengepung Rhodes dalam upaya untuk mematahkan aliansi Rhodo-Mesir. Mereka tidak pernah bisa menembus kota. Ketika kesepakatan damai dicapai pada 304 SM, Antagonids mengangkat pengepungan, meninggalkan kekayaan peralatan militer di belakang. Untuk merayakan persatuan mereka, Rhodians menjual peralatan dan menggunakan uang itu untuk mendirikan sebuah patung besar dewa matahari mereka, Helios.
Pembangunan Colossus memerlukan 12 tahun dan telah selesai pada 282 SM. Selama bertahun-tahun, patung itu berdiri di pintu masuk pelabuhan, sampai gempa kuat melanda Rhodes sekitar 226 SM. Kota ini rusak berat, dan Colossus rusak pada titik terlemah. The Rhodians menerima tawaran langsung dari Ptolemy Eurgetes III dari Mesir untuk menutupi biaya restorasi semua untuk monumen digulingkan. tapi tawaran itu ditolak.

Selama hampir satu generasi, patung tersebut diletakkan di reruntuhan. Pada 654 AD, orang-orang Arab menyerang Rhodes. Mereka mebongkar sisa-sisa Colossus yang rusak dan menjualnya kepada seorang Yahudi dari Suriah. Dikatakan bahwa fragmen harus diangkut ke Suriah di bagian belakang 900 unta.