ada yang salah dengan blog ku

Pertanyaan di atas mungkin selama ini memenuhi pikiran anda. Sehingga membuat anda tak bisa tidur nyenyak dan makan sampai kenyang. Mungkin traffic yang tak kunjung meningkat, belum masuk top ranking, atau sumber penghasilannya masih seret jadi penyebabnya.

Tapi syukurlah paling tidak anda tahu kalau ada yang tak beres dengan blog anda. Dan agar itu tak terus berlanjut dan membuat anda patah semangat, mari coba kita cari tahu di mana letak ketidakberesannya?

Tidak punya cukup banyak artikel. Artikel anda harus punya cukup banyak artikel. Berapa banyak? Sebagai awalan ngeblog, paling tidak ada 10 artikel yang sudah terposting. Dengan cukup tersedianya tulisan, paling tidak menunjukkan kalau anda serius membuat blog ini. Pembaca yang melihat blog yang penuh dengan artikel pun lebih tertarik menyelusuri seluruh isi blog. Kalau artikelnya sedikit, apanya yang mau dibaca? Selain juga mengesankan bahwa dalam urusan ngeblog anda masih tergolong ijo alias baru kemarin sore bikinnya. Tentu anda pun harus terus rutin memposting artikel baru sebagai tanda kalau blog anda masih ‘hidup’.
Topik Blog Tidak Jelas. Blog anda berisi apa? Ini perlu anda perjelas dan pertegas lagi. Kebanyakan blog pribadi punya topik yang begitu beragam. Itu bukan masalah asal pembaca anda pun tahu kalau blog anda berisi tentang topik-topik tersebut. Berarti poinnya tinggal bagaimana cara anda menyampaikannya. Sampaikan dengan jelas topik blog lewat artikel yang rutin anda posting, lewat tagline-nya, dan juga pada halaman yang berisi tentang anda (about page).
Topik Blog Tak Banyak Punya Peminat. Memang tak ada salahnya kalau anda mau buat blog khusus tentang “beruang es di kutub utara” misalnya. Tapi sepertinya tak banyak yang berminat untuk mencari informasi tersebut. Sehingga bisa dipastikan kalau blog anda akan 3S (Sunyi Senyap Selalu). Saran saya, topik blog sebaiknya tidak terlalu sempit seperti di atas tapi juga tidak terlalu luas. Agar selain bisa lebih fokus mengelolanya, juga mempermudah anda membuat perbedaan dengan blog yang sudah ada lebih dulu. Cari topik blog yang belum banyak dibahas orang dan peminatnya cukup luas.
Menggunakan Template Default. Hindari memakai tampilan template blog bawaan (default). Sebab meski isi blognya berbeda, tapi pembaca akan sulit membedakan blog anda dengan blog lainnya bila tampilannya sama. Selain blog anda juga terkesan jadi ‘pasaran’. Gunakan template yang berbeda. Di internet banyak sekali, template alternatif yang bisa anda pakai. Cari di Google atau Yahoo dengan mengetik “template blog”.
Terus Menerus Menulis Artikel Kontroversial. Kadang menulis artikel kontroversial bisa memancing membludaknya pengunjung. Tapi jika terus-terusan menulis dengan cara seperti itu, hasilnya bisa kontra produktif. Pembaca yang tak setuju dengan isi tulisan anda, akan kabur meninggalkan blog anda. Dan bukan tak mungkin akan menyebarluaskan kalau blog anda termasuk yang tak patut dikunjungi.
Tak Sesuai dengan Citra Brand Blog. Sejak awal membuat blog, pikirkan brand yang akan anda bangun. Bila content dan tampilan anda tak sesuai dengan brand, pasti hasilnya tak bagus. Pengunjung bisa melihat adanya ketidakcocokan antara brand yang anda koar-koarkan dengan isi dan tampilan yang anda pasang. So, upayakan content dan tampilan blog sesuai dengan brand yang hendak anda bangun.
Tak ada link. Setiap posting baiknya memiliki link ke posting lainnya. Inilah salah satu cara untuk mengembangkan blog anda. Agar pembaca mudah untuk menemukan posting lainnya sesuai dengan informasi yang ia cari.
Sering posting tapi kualitas menurun. Giat memposting memang sangat baik untuk menjaga tingkat keterbacaan blog anda. Tapi kalau akhirnya membuat kualitas tulisan menurun, hasilnya bisa sebaliknya. Pembaca jadi enggan kembali ke blog anda. Mereka pasti berpikir “paling isinya itu-itu lagi”. Karena itu, jaga kualitas tulisan anda agar tetap prima.
Dipenuhi Iklan. Mungkin salah satu tujuan anda ngeblog adalah untuk menghasilkan uang. Tapi kalau kemudian blog anda begitu banyak dipenuhi iklan sehingga membuat tak nyaman lagi dikunjungi, hasilnya akan sebaliknya. Pengunjung malas melihat blog anda lagi karena merasa tak nyaman dengan tampilan iklan yang begitu banyak. Dan dengan begitu, pasti penghasilan anda akan menurun.
Kurang sabar. Bagi blogger baru terutama, anda perlu punya kesabaran lebih untuk menuai sukses. Tak bisa begitu hari ini dibuat, esoknya blog anda sudah langsung dipenuhi pengunjung dan menghasilkan uang berlipat-lipat. Anda perlu konsisten untuk mengembangkan dan meningkatkan blog anda.
Memang banyak orang bilang membuat blog itu mudah, dan bahkan sangat mudah. Tapi bukan di situ tantangan ngeblog sebenarnya. Tantangannya adalah bagaimana menjaga agar blog anda cukup banyak dibaca dan semakin banyak dibaca.