8 strategi blog

Sudah merasa mentok dengan kemampuan blog yang anda miliki? Rasanya semua cara sudah dilakukan, tapi performa blog masih segitu-segitu saja. Traffic tak kunjung meningkat, aliran uang pun masih tersendat-sendat.

Karena itu tak jarang ada yang mengeluh seperti ini : “Rasanya saya sudah ikuti semua yang disarankan, tapi kok blog saya masih sepi-sepi saja. Tolong bantu dong…”

Tak usah khawatir. Selama pikiran selalu terbuka, selalu ada jawaban untuk mengatasinya. Jangan biarkan kebuntuan membuat anda menyerah dan malah berniat mengubur blog. Seorang blogger sejati tak pernah mundur meski halangan segunung menghadang! Never give up Bung!

Yang anda butuhkan adalah pengembangan blog. Biar pengunjung tak bosan dengan keadaan blog anda saat ini. Sebagai pemilik blog, coba tanyakan pada diri sendiri. Apakah blog saya sudah cukup menarik untuk membuat pengunjung singgah? Kalau belum, kira-kira apa yang kurang? Isinya, desainnya, atau promosinya? Lalu apa yang bisa saya lakukan?

Oke…oke…, tak usah terburu nafsu. Simpan dulu jawaban anda. Saya coba bantu anda.

Saya sudah melakukan riset beberapa hari bagaimana cara mengembangkan blog yang kita miliki. Banyak saya temui, blog yang content-nya biasa-biasa saja, tapi pengunjungnya luar biasa membludak. Sebaliknya, tidak jarang saya kesasar ke blog yang isinya luar biasa bagus, tapi sayang tak banyak yang tertarik singgah. Apanya yang salah?

Saya coba bandingkan antara keduanya. Sebetulnya secara prinsip-prinsip dasar ngeblog tak terdapat perbedaan mencolok. Tapi ada satu hal yang kemudian membuat saya akhirnya berujung pada sebuah kata: inovasi!

Ya, kesuksesan blog bukan cuma ditentukan oleh isi yang segar dan bermanfaat, desain yang ciamik dan sedap dipandang, atau sekedar menggenjot promosi di semua lini. Tapi justru inovasi blog menjadi pilar penting penentu sukses.

Bicara inovasi blog, tentu tak harus selalu yang tampak “wah” atau memakai teknik tingkat tinggi. Ada banyak kok langkah-langkah kecil yang bisa membantu pengembangan blog anda. Seperti yang di bawah ini misalnya:

Kembangkan Topik Blog. Kalau anda rasa topik blog anda masih sangat umum alias juga banyak dimiliki blog-blog lain, kenapa tidak coba kembangkan jadi lebih spesifik? Misal, kalau selama ini kategori blog anda hanya seputar blog umum, bisa anda coba tambahkan kategori untuk jenis blog yang lebih spesifik seperti blog marketing, blog korporat, blog network, blog ekonomi, dan lain-lain. Boleh juga topiknya anda tambahi dengan hobi atau kesukaan anda. Tak apa-apa isi blog anda misalnya merupakan gabungan topik antara blog marketing dan makanan. Dengan begitu, market pembaca anda juga bisa jadi lebih besar. Tidak cuma yang minat dengan blog marketing saja, tapi juga yang hobi dengan makanan. Dan anda pun bisa sesekali posting yang berhubungan dengan kedua topik tersebut. Umpamanya “memasarkan makanan lewat blog” atau sebaliknya “memasarkan blog lewat makanan”.
Kolaborasi dengan blogger lain. Tak ada salahnya anda cari blogger yang mau kerjasama dengan anda untuk saling mengisi content blog masing-masing. Maksudnya, anda ikut mengisi di blognya, dan dia mengisi blog anda. Dengan kerjasama ini, pembaca blognya juga sangat mungkin menjenguk blog anda. Variasi lainnya bahkan anda bisa undang seluruh pembaca blog anda untuk menulis di blog anda. Anda bisa terapkan sistem seleksi dengan iming-iming hadiah seperti lagu atau ebook.
Sentuh lebih dalam. Anda bisa menjangkau pembaca yang lebih spesifik dengan sentuhan khusus. Misalnya dengan menggunakan bahasa yang dipakai target pembaca anda. Bagi yang ingin menjadikan orang Makasar sebagai pembacanya, gunakan bahasa Makasar dalam blog anda. Atau yang ingin menyasar orang Banyumas, gunakan saja bahasa Jawa dialek banyumasan. Dengan cara ini akan membuat blog anda mendapat tempat khusus di hati pembaca anda.
Buat saling berhubungan. Punya lebih dari satu blog? Koneksikan saja antar blog. Biar pengunjung tahu kalau anda punya blog lain dan tertarik juga mendatanginya. Ini akan memperkuat jaringan blog yang anda punya, serta membuat nama anda makin berkibar di blogosfer.
Bikin forum. Kalau pembaca blog anda makin membludak, ada baiknya segera buat forum. Agar pembaca anda bisa saling bertemu dan saling ngobrol. Boleh anda langsung yang mengurusinya, tapi kalau ada pembaca anda yang mau menanganinya akan lebih baik. Buat juga email newsletter sebagai cara lain memperkokoh blog anda.
Coba market baru. Kalau blog anda sudah terhitung sukses, boleh anda coba bikin blog baru dengan topik yang berbeda dengan sebelumnya. Dan jangan lupa, hubungkan dengan blog anda yang sudah sukses. Siapa tahu kesuksesannya ikut “menjangkiti” blog baru anda!
Cari penulis. Kalau anda makin sibuk dan kewalahan mengurusi blog anda, tak ada salahnya cari ghost writer untuk blog anda. Ada saatnya anda tak harus mengurusi seluruh pekerjaan anda sendirian. Mencari penulis yang bagus akan sangat membantu anda. Tapi jangan lupa untuk tetap mengontrol dan mengarahkannya. Agar hasilnya bisa seperti yang anda harapkan.
Buat video. Era visual seperti sekarang membuat orang lebih suka menonton daripada membaca. Anda juga bisa ikut meramaikannya. Buat video mengenai hal yang terkait dengan topik blog anda. Manfaatkan situs web video sosial seperti Youtube dan Metacafe untuk mempromosikannya.
Ada banyak hal kan yang bisa anda lakukan untuk mengembangkan blog anda? Intinya, jangan pernah ragu mencoba hal baru, berkreasi dan berinovasi. Supaya traffic anda berkembang pesat, serta brand blog anda makin kuat