Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara mengatasi hidung tersumbat - Hidung tersumbat merupakan penyakit yang sering menyerang kita dan tentunya sangat mengganggu aktifitas kita. Penyakit ini biasanya menyerang kita ketika flu dan batuk. Hidung tersumbat akan membuat saluran pernafasan terganggu dan membuat kita tidak menjadi nyaman.
Terkadang hidung tersumbat memang sangat sulit diatasi. Walaupun telah memakai inhaler dan juga balsem untuk melegakan hidung. Tapi tentunya setiap penyakit pasti ada obatnya.
Nah, hidung tersumbat tentunya menjadi hal yang harus cepat diatasi, dengan cara yang mudah dan juga alami. 

Di bawah ini terdapat langkah-langkah mudah untuk mengatasi hidung tersumbat. Yaitu :

1. Steaming
Ini adalah cara terbaik untuk menenangkan peradangan dan membuat sobat bisa bernapas dengan mudah. ketika sobat mengalami masalah hidung tersumbat, Ambil baskom berisi air mendidih dan kurungi kepala sobat dengan handuk sehingga uap langsung terhirup ke hidung dan mengenai wajah. Ini dapat mengalirkan lendir dan racun dari tubuh.

2. Air 
Air sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang waktu. Hal ini secara tidak langsung dapat meringankan saluran hidung yang teriritasi dan mencegah penyumbatan sinus. Sobat bisa minum air hangat untuk mengeluarkan racun dari tubuh dan melegakan hidung tersumbat.

3. Posisi kepala saat tidur
Tinggikan kepala dengan menopangnya dengan bantal tambahan. Ini akan memungkinkan lendir yang terjebak dalam hidung untuk keluar. Selain itu, cara ini juga cukup efektif untuk membuat waktu tidur tidak terganggu karena kesulitan bernapas.

4. Minuman jeruk hangat
Cara terbaik untuk mencegah hidung tersumbat adalah dengan minum air jeruk nipis hangat. Minuman sehat ini juga membantu menjaga kekebalan tubuh. Apalagi jika ditambahi dengan madu.

5. Makanan pedas
Mengonsumsi makanan pedas juga bermanfaat untuk melegakan hidung tersumbat. Rasa pedas dari makanan akan membuat lendir mengalir keluar dengan sendirinya.

6. Mandi air hangat
Mandi air hangat bisa membantu mengatasi masalah hidung tersumbat. Uap dari air dapat menembus hidung dan melegakannya.

7. Teh herbal 
Teh herbal adalah obat paling aman untuk mengatasi hidung tersumbat. Uap yang dilepaskan oleh tumbuh-tumbuhan akan membantu menenangkan iritasi di saluran hidung. Teh herbal juga digunakan untuk mengencerkan lendir dan memperbaiki drainase hidung.

8. Minyak kayu putih
Ini adalah salah satu obat herbal yang baik untuk hidung tersumbat. Tuang beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam baskom berisi air mendidih dan hirup uap air itu selama 10 menit. Hidung akan kembali lega dan tak tersumbat.

Cara tersebut adalah cara yang alami untuk mengatasi hidung tersumbat. Dan tentunya resiko efek samping sangatlah kecil atau bahkan tidak ada efek sama sekali. Untuk mengatasi hidung yang tersumbat memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit sekitar 3-5 hari tergantung kekebalan tubuh sobat terhadap virus flu. Selamat mencoba.