Alergi dingin, inilah gejala serta cara menyembuhkannya


Alergi pada udara dingin dengan nama medis cold urticaria, yang menyebabkan timbulnya sebuah reaksi pada kulit. apabila Kulit mengalami sebuah paparan udara dingin maka akan menjadi kemerah merahan dan juga akan terasa gatal serta akan muncul sebuah bercak dan juga bekas pada kulit.

Alergi dingin memiliki gejala yang sangat beragam dan pada tiap orang berbeda-beda. dari Beberapa orang hanya akan bereaksi sedikit sekali terhadap kondisi udara dingin, dan beberapa orang lainnya dapat mengalami reaksi serius.

Tidak hanya udara dingin, berendam dalam air dingin juga dapat menimbulkan reaksi pada penderita alergi dingin sehingga dapat menyebabkan tekanan darah rendah, rasa hendak hilang kesadaran, syok dan bahkan kematian.


Alergi dingin ini paling sering dialami oleh orang dewasa. Kondisi ini biasanya akan hilang dalam waktu beberapa tahun. Biasanya, orang yang menderita alergi dingin seperti ini harus mengonsumsi antihistamin dan menghindari udara dan air dingin. Berikut ini beberapa gejala cold urticaria:


  1. Kulit yang kemerahan selama beberapa lama, disertai dengan kulit yang berbekas dan berbercak serta terasa gatal akibat paparan udara dingin.
  2. Reaksi yang semakin buruk seiring dengan kulit yang menghangat.
  3. Adanya pembengkakan pada tangan ketika menyentuh benda dingin.
  4. Adanya pembengkakan pada bibir dan tenggorokan saat mengonsumsi makanan atau minuman dingin.
  5. Reaksi yang lebih serius dapat menyebabkan respons di seluruh tubuh berupa syok anaphylaxis yang menyebabkan reaksi pingsan, jantung berdegup cepat, dan pembengkakan pada area dada hingga perut atau torso.
  6. Adanya pembengkakan pada lidah dan tenggorokan yang dapat menyebabkan sesak napas akut.
Source; Merdeka.com