Bayi Perempuan Ini Diberi Nama Facebook

Bukan karena keranjingan atau hanya sekedar mencari sensasi, seorang pria berkebangsaan Mesir memberi nama anak perempuannya yang baru lahir: Facebook Jamal Ibrahim. Bayi ini lahir di tengah euforia kemenangan warga Mesir melawan rezim Hosni Mubarak.

Sang ayah, Gamal Ibrahim, menjelaskan kata Facebook di depan nama anaknya dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan terhadap situs pertemanan ini karena telah membantu pergerakan masa melawan rezim yang telah berkuasa di Mesir selama 30 tahun itu, dikutip dari laman CNN.

Facebook dinilai sebagai simbol jejaring sosial yang berhasil menyebarkan pesan kemerdekaan. Situs pertemanan yang dibuat oleh Mark Zuckerberg ini telah membantu mengumpulkan massa dan kekuatan rakyat Mesir.

Sedikitnya 32.000 grup dan 14.000 pages yang berhubungan dengan pergerakan rakyat Mesir telah dibuat dalam waktu dua minggu, sejak gelombang protes menyergap pada 25 Januari 2011.

Tidak hanya Gamal Ibrahim yang mengungkapkan rasa terimakasihnya terhadap jejaring sosial ini, tetapi juga seluruh masyarakat Mesir. Mereka menggambarkan sebuah grafiti 'Thank You Facebook' di ibukota Mesir, Cairo.