Malas Cuci Tangan, IQ Anak Bisa Turun

Okezone-CUCI tangan menjadi bagian dari ritual kebersihan yang mampu menjauhi tubuh dari kuman penyakit. Siapa menduga bila malas mencuci tangan bisa menurunkan satu digit kecerdasan anak.

Sayang, banyak ibu belum membiasakan cuci tangan saat bersama buah hatinya. Berdasarkan survei yang dilakukan sepanjang program Dokter Kecil Lifebouy ditemukan fakta mencengangkan bahwa 80 persen ibu di Indonesia tidak pernah mencuci tangan sebelum memegang buah hatinya yang masih bayi. Tentu sangat disayangkan mengingat ibu adalah orang yang paling banyak bersentuhan dengan anak.

"Hal itu sangat berisiko, sebab dari tangan yang kotor para ibu kemungkinan telah mencemarkan 10 jenis penyakit fecal-oral (lewat tangan ke mulut), salah satunya diare," papar dr Handrawan Nadesul, pakar kesehatan pada pembukaan Lifebuoy Health Institute di KidZania Mal Pasific Place, Jakarta, Kamis (27/1/2011).

"Bahkan, telur cacing gelang yang berkembang di sela-sela kuku anak mampu masuk ke dalam perut, lalu menghisap nutrisi makanannya dan menyebabkan hilangnya satu digit IQ anak. Maka, cara sederhana dan murah, yakni mencuci tangan dengan sabun akan sangat membantu anak Indonesia sehat dan pintar," tegasnya.