Virus worm menyerang pengguna situs mikroblogging Twitter

PARIS - Sebuah worm menyerang pengguna situs mikroblogging Twitter. Mereka menjebak penggunanya dengan mendompleng layanan penyingkat URL milik Google corp.

Menurut sebuah pengamatan link penyingkat goo.gl yang berakhiran 'od0az' atau 'R7f68', ketika pengguna meng-klik link tersebut langsung diarahkan ke sebuah situs yang ternyata telah disusupi oleh worm.

"Kami menyadari dari worm yang menyusupi itu, pengguna me-reset password bagi pengguna yang terkena dampak," kata peneliti Invincea pendiri Anup Ghosh seperti yang dilansir Softpedia.

Kami pasti akan memantau situasi dalam kasus penyerangan ini lebih lanjut,

Worm ini tersebar oleh siapa saja yang mengklik URL tersebut, yang akan membawa pengguna ke situs Web furnitur berbasis Prancis, Artcan, dan kemudian mengarahkan mereka ke situs executable atau php yang dirancang untuk menginfeksi komputer dan selanjutnya menyebarkan worm.
Ada spekulasi menyebutkan bahwa worm juga mempropagandakan melalui iklan tweet "Filwrs." Jadi, jika Anda melihat iklan tweet "Filwrs" dalam feed berita Anda, Anda disarankan untuk mencabut akses ke Twitter dengan mengklik "Settings," "Connections," "Find Filwrs," and "Revoke Access."

Worm dengan cepat menyebar karena kelemahan keamanan yang terlalu lebar yang dimilikin oleh situs penyingkat URL.

"Ini jenis serangan yang kita lihat sekarang pada tahun 2010, serangan difokuskan pada eksploitasi pada pengguna jejaring sosial. Bukan lagi tentang mendapatkan pengguna untuk pergi ke situs berbahaya," katanya.

Dalam kasus ini, ada tidak banyak pengguna Twitter bisa lakukan tentang hal itu, kecuali mereka selalu waspada dan entah bagaimana dapat menentukan bahwa link yang berbahaya..
(ism)