Medco Foundation dan Paramadina




Membangun sebuah civil society. Begitulah Pendiri Medco Group, Arifin Panigoro, menyebut kerjasama antara Medco Foundation dan Universitas Paramadina di bidang pendidikan. Dalam acara konferensi pers di lobby gedung The Energy pada 6 April 2009, kedua pihak menindaklanjuti nota kesepahaman yang telah ditandatangani pada 9 Desember 2008 untuk mendirikan program pasca sarjana (S2).




Dalam kerja sama ini, Universitas Paramadina bertindak sebagai pemilik Paramadina Graduate School. Sedangkan Medco Foundation, sebagai yayasan milik Medco Group yang menjalankan kegiatan corporate social responsibility (CSR), memfasilitasi sarana pendidikan yang berlokasi di salah satu lantai di gedung The Energy yang terletak di kawasan strategis, Sudirman Central Business District, Jakarta.

Rektor Universitas Paramadina, Anies Baswedan, mengatakan pada program pasca sarjana yang akan dimulai tahun ini, Paramadina Graduate School akan membuka tiga bidang studi baru, yaitu Bidang Studi Diplomasi, Bidang Studi Komunikasi, dan Bidang Studi Bisnis, yang di dalamnya termasuk jurusan Manajemen Bisnis Keuangan Islam. Khusus Bidang Studi Diplomasi adalah yang pertama di Indonesia.

Untuk bidang-bidang studi tersebut telah dibuka beasiswa bagi 10 jurnalis. Langkah ini ditempuh karena jurnalis dinilai memiliki peran yang sangat strategis bagi upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Karena itu jurnalis harus dibekali pendidikan tinggi dan berwawasan internasional. Di sisi lain beasiswa bagi jurnalis ini juga diharapkan dapat memacu pertumbuhan industri media di Tanah Air.




Bapak Arifin Panigoro juga berpendapat, sebagai bagian dari masyarakat madani, jurnalis memiliki peran penting di era demokrasi sebagai kontrol publik terhadap penyelenggaraan pemerintahan. "Dalam semangat itu kami memandang perlu adanya beasiswa bagi para jurnalis,” ujarnya. Sehingga dengan program ini, pembangunan masyarakat madani atau civil society benar-benar dapat terwujud.