World Wide Web Berulang Tahun ke 20



World Wide Web Berulang Tahun ke 20
Tanggal 13 Maret 2009 adalah hari ulang tahun World Wide Web yang ke-20. Pada hari itu Sir Tim Berners-Lee menemukan teknologi pengubah dunia yang berpondasikan internet pada tahun 1989. Tidak disangkal lagi bahwa teknologi mudah ini telah membawa perubahan yang sangat besar terhadap peradaban manusia dan hingga saat ini masih terus berkembang.

Tidak terbuai keberhasilan world wide web, Berners-Lee memiliki beberapa ide brilian tentang arah evolusi teknologi web. Visi Berners-Lee adalah kemajuan baru yang dapat menjadi pondasi untuk inovasi yang bahkan tidak dapat kita bayangkan hari ini.


Satu tahun yang lalu Berners-Lee mengatakan bahwa semua komponen yang dibutuhkan untuk membangun semantic web baru telah lengkap. Bulan lalu ia memberikan pidato di konferensi TED tentang konsep baru yang dinamakan "Linked Data," ide yang pertama kali ia kemukakan di tahun 2006.

Untuk melihat sendiri visi Berners-Lee terhadap web, di bawah ini telah saya tanamkan video pidato Berners-Lee di TED bulan lalu. (via RWW)