Manajemen Ebook Mudah Ala iTunes


Untuk melakukan organisasi terhadap file-file musik dan video mungkin Anda sudah tahu alatnya dan bagaimana cara menggunakannya supaya mudah didalam melakukan pencarian. Namun, bagaimana untuk ebook? Bagi Anda yang hobi mengoleksi berbagai macam ebook mungkin melakukan pengaturan dengan mengelompokkan tiap ebook berdasarkan kategori tertentu dan ditempatkan dalam folder-folder terpisah. Tapi, sayangnya tidak setiap orang terampil dalam melakukan pengorganisasian file ebook yang mereka miliki, akibatnya semakin banyak ebook yang Anda miliki maka akan semakin sulit Anda mengorganisir dan melakukan pencarian.

Untungnya ada aplikasi yang dapat melakukan manajemen ebook semudah aplikasi manajemen musik atau video yang sudah sering kita jumpai. Aplikasi yang bisa Anda coba adalah Calibre. Sebuah ebook manager yang dapat menampilkan, mengkonversi, mendaftar, dan mensinkronisasi koleksi ebook Anda. Calibre adalah aplikasi multi-platform karena terdapat versi untuk dapat dijalankan di atas sistem operasi Windows, Linux maupun Mac OS X.



Saat pertama kali menggunakannya Anda akan diminta untuk memberitahu lokasi dimana koleksi ebook yang Anda simpan di komputer. Setelah itu Calibre akan melakukan import informasi penting dari ebook, seperti judul, nama penulis, ukuran file, penerbit, dan rating untuk ditampilkan di dalam daftar ebook. Informasi yang tertera nantinya bisa Anda tambahkan atau dirubah dengan mudah melalui jendela aplikasi. Jika Anda tidak mengetahui informasi dari suatu ebook Anda bisa mengandalkan Calibre untuk mendapatkan informasi secara lebih rinci di server mereka, dari sekedar judul, nama penulis hingga nomor ISBN. Anda juga dapat meninggalkan komentar dan menambahkan tag pada ebook yang Anda baca.

Cara aplikasi dalam menampilkan daftar ebook bisa diganti antara tampilan tag dengan sampul depan dari ebook yang tampil cantik seperti fitur CoverFlow yang sebelumnya sudah dipakai iTunes dan browser Safari di versi terakhirnya.

Format yang didukung oleh aplikasi ini sudah cukup untuk mengakomodir beragam format populer, seperti PDF, LIT, MOBI, CBZ, CBR, TXT dan beragam format lainnya termasuk juga ZIP dan RAR. Calibre juga mampu untuk melakkukan konversi lebih dari tiga belas format dokumen ke format EPUB, PRF dan MOBI sehingga bisa digunakan oleh perangkat pembaca ebook terkenal semisal SONY PRS 500/505/700, Cybook Gen 3, Amazon Kindle (1 dan 2) dan iPhone (dengan bantuan aplikasi Stanza Reader). Melakukan sinkronisasi koleksi ebook dengan perangkat pembaca ebook tersebut juga dimungkinkan dengan aplikasi ini.

Fitur manarik lainnya dari aplikasi ini adalah Anda bisa mengikuti berita terbaru dari situs menggunakan RSS feed dan mengkonversinya kedalam format pilihan Anda yang kompatibel dengan aplikasi. Lalu untuk memudahkan akses terhadap koleksi ebook, Calibre sudah menyediakan web server terintegrasi yang memungkinkan Anda untuk mengakses koleksi ebook dari komputer lain cukup dengan menggunakan web browser dan koneksi internet.