Pertempuran Hamas-Fatah Berlanjut


GAZA CITY - Pertempuran antara pendukung Hamas dan Fatah terus berlanjut, Senin (29/1) pagi, diseluruh Jalur Gaza Pasukan Hams menyerang markas keamanan Fatah, menghancurkan transmisi listrik, dan menahan sejumlah komandan lokal Fatah. Pendukung Hamas, antara lain, menhan Jenderal Sayyed Shabban, kepala pasukan keamanan yang loyal kepada presiden Mahmoud Abbas, dia diyakini sebagai pejabat yang paling senior yang ditangkap Hamas. Pasukan Hamas juga menahan seorang remaja dan keponakan laki-laki Kolonel Khamis al-Ajous, kepala pasukan Preventif di Gaza, Minggu (25/1). Pasukan Hamas mengatakan, mereka akan menyerahkan kedua anak itu jika pejuang Hamas yang ditahan pasukan keamanan Fatah dibebaskan.
Aksi saling culik dan tahan diantara pendukung Hamas dan Fatah memicu pertempuran sengit di kota Khan Younis, Gaza City.
Kedua faksi itu bertikai sejak Hamas memenangi pemilu pada Januari 2006. Keduanya terlibat pertempuran berdarah setelah upaya membentuk pemerintahan bertambah panas setelah Presiden Mahmoud Abbas menuntut pemilu parlemen dan presiden digelar lebih dini. Manuver Abbas itu dinilai Hamas sebagai upaya kudeta. Sejauh ini, Fatah mendapat dukungan dari AS. Pemerintahan Presiden AS George Walker Bush sempat diminta kongres AS menyetujui dana bantuan senilai 85 juta dollar AS untuk pasukan Abbas. (AP, AFP, Reuters, Kompas,