Menggunakan photoshop cs


Aplikasi photoshop dapat di gunakan untuk melakukan resize foto.
Caranya sangat mudah .
Ikuti langkah berikut ini:

Bukalah gambar foto yang akan di resize di aplikasi photoshop.

Kemudian pilih menu utama image dan klik image size selanjutnya kotak dialog image size akan tampil.

Ubahlah satuan ukuran dari unit ke pixel pada menu drop down bagian atas.lalu masukkan ukuran lebar (width) yang anda butuhkan.photoshop akan secara otomatis menghitung panjang atau height dalam pixel.sebaliknya apabila anda membuat foto berukuran potret.tentukan ukuran tinggi dan photoshop akan menentukan lebar dengan otomatis.

Pada sisi atas pixel dimension pada kotak dialog image size anda dapat melihat estimasi ukuran file yang baru.dengan melakukan resize akan mengurangi besar ukuran foto.dan tentunya menghemat bandwith.klik tombol ok untuk menyimpan perubahan.





Apabila anda merasa bahwa ukuran file terlalu besar,anda dapat menyimpan dengan mengklik menu file > save for web & devices..kemudian pada kotak dialog save for web & devices,tentukan ukuran pada tab image size dan masukkan ukuran width 500 px pada kotak isian sebelah kanan secara otomatis tinggi akan di tentukan oleh photoshop.

Lalu pilih tipe penyimpanan jpeg dengan tombol drop down dan gunakan slider quality untuk menentukan kualitas gambar yang ingin anda ubah.klik tombol apply.

Anda akan melihat informasi perubahan ukuran file foto anda di sisi sebelah kiri.anda dapat melihat file foto berukuran lebih kecil dari cara yang telah dilakukan sebelumnya di atas,klik tombol save di sisi atas untuk menyimpan perubahan,dan beri nama file foto tersebut.

Perlu di ingat dengan menyimpan file menggunakan save for web secara otomatis metadata sebuah foto akan hilang,hal ini juga dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan metadata pada suatu foto.