Mengelola metadata


Flickr akan secara otomatis menampilkan informasi kamera digital yang dipakai pada sebuah foto yang di buat.meskipun di tampilkan secara otomatis,anda dapat mengelola data yang tampil,seperti kamera digital yang di gunakan untuk membuat sebuah foto.
Apabila anda menggunakan kamera digital,file asli foto anda akan berisi informasi mengenai pengaturan kamera saat mengambil gambar dan informasi tersebut dapat di tampilkan oleh filckr.informasi tersebut seperti lensa yang digunakan,jenis kamera digital,pencahayaan yang digunakan dan sebagai-nya,
Informasi ini di sebut metadata atau apabila di terjemahkan secara bebas berarti yang berisi data,metadata sangat berguna untuk mengingat bagaimana pengaturan anda saat mendapatkan gambar yang baikdan untuk memberitahukan orang lain agar mendapatkan hasil yang sama bagus-nya.
Dengan metadata yang tampil pada foto,anda dapat melihat kamera yang digunakan dengan meng-klik link more properties yang terdapat di sisi taken..
Halaman yang lebih detail akan tampil kemudian pada halaman ini anda dapat melihat detil pengambilan foto seperti penggunaan kamera,pengaturan,pencahayaan,penggunaan lensa,iso,dan sebagai-nya.
Anda juga dapat melihat keterangan mengenai sebuah kamera yang di gunakan dengan mengklik link nama kamera yang di gunakan,sebelum link properties yang anda klik tadi..
Berikut ini informasi yang disampaikan pada halaman metadata

Kamera.halaman ini memperlihatkan kamera dan tipe seri yang di gunakan untuk membuat foto yang akan di upload.

Exposure.pengaturan kecepatan akan tampil pada halaman ini dengan satuan sepersekian detik yang di gunakan pada kamera.

Aperture,pengaturan bukaan lensa yang masuk ke kamera juga akan di tampilkan dengan satuan standar f stop.

Focal length atau titik api lensa atau posisi zoom saat mengambil suatu foto..

Iso speed atau kepekaan kamera terhadap cahaya pengaturan kecepatan ASA yang di gunakan untuk mengambil suatu foto..

Exposure bias.adalah informasi apabila fotografer mengatur kamera dalam pengaturan under atau over pencahayaan.

Orientation.adalah informasi posisi kamera saat foto di ambil.

Sofware.adalah informasi aplikasi yang di gunakan untuk mengolah suatu foto yang telah di upload.

Dates and times.adalah informasi mengenai waktu dan tanggal saat foto di buat dan juga kapan foto di olah di aplikasi pengolah image.

Exposure mode.adalah informasi mengenai pengaturan pencahayaan ketika foto diambil.informasi tersebut seperti penggunaan pencahayaan otomatis,manual atau menurut prioritas tertentu

Artist name.adalah informasi fotografer atau pembuat foto yang bisa di tambahkan.

Copyrigth.adalah informasi pemilik hak cipta suatu foto fasilitas ini dapat di tambahkan pada file foto yang akan di upload.

Keyword,title and description informasi judul deskripsi dan tag di flickr.

Secara umum format metadata di namakan sebagai data exchangeable image file (exif) exif berisi data yang di kumpulkan dari kamera dan aplikasi yang terdapat pada foto yang terdapat pada foto yang telah di ambil.selain format EXIF ada lagi format metadata yang lain yaitu format international press telecommunicationscouncial (iPTC) format IPTC mencantumkan identitas fotografer kemudian ada juga format XML-based extensible metadata platform (XMP) yang di miliki adobe.
Meskipun metadata kelihatan tidak berguna,sebenarnya anda dapat memaksimalkan fungsi metadata dengan metadata anda dapat melihat teknik pembuatan foto favorit anda.dan anda dapat belajar banyak melalui tehnik tersebut.