Melihat dan mengedit metadata



Anda dapat memahami dan melihat metadata pada setiap foto yang anda buat,untuk melihat dan mengedit metadata tanpa flickr,anda dapat memanfaatkan aplikasi adobe photoshop.untuk itu ikutilah langkah berikut:

· Bukalah aplikasi adobe photoshop lalu buka file foto yang ingin di lihat metadata-nya,kemudian klik menu file dan pilih file info..

· Pilihlah halaman dari data yang terletak di sisi kiri anda akan melihat detail pada sisi sebelah kiri,klik pilihan camera data 1 dan camera data 2 yang tampil pada halaman informasi teknis di sebelah kiri anda dapat mengedit informasi tersebut menggunakan photoshop.

· Klik menu link description.anda dapat mengisi title pemilik foto.description kata kunci dan menentukan informasi hak cipta foto yang di masukkan klik tombol ok untuk menyimpan perubahan..

· Jangan lupa untuk menyimpan file dengan meng-klik menu file >save As atau save for web pada foto tersebut

Selain menggunakan cara di atas anda juga dapat mengaktifkan menu file > browse pada photoshop tentunya pada foto yang telah anda buka.beberapa saat kemudian jendela file browse pada photoshop akan tampil,apabila anda menggunakan photoshop CS3,jendela file browse adalah aplikasi adobe bridge cs3.
Lihatlah di sisi kanan di bawah jendela previw image yaitu pada tag metadata anda dapat melihat informasi mengenai metadata yang di tampilkan.anda dapat dengan mudah mengubah metadata atau memasukkan informasi seperti pemilik foto dan hak cipta pada informasi metadata tersebut,seperti saat anda menggunakan file info pada bahasan sebelum-nya.
Selain menggunakan adobe photoshop.anda juga dapat melihat metadata dengan aplikasi seperti exiper (http://www.friedermaa-schmidt.com dan jhead (www.sentex.net ) keduanya adalah aplikasi gratis yang dapat di download pada alamat di atas.